Kamis, 03 Januari 2013

SISTEM INFORMASI

TUGAS BAB II KSI
 SOAL

1. Ambil contoh sebuah sistem dan sebutkan komponen –komponennya
2. Kapan sebaiknya menggunakan arsitektur terdistribusi dan terpusat? Jelaskan jawaban anda.
3. Sistem informasi yang tidak menggunakan komputer tetap memiliki komponen sumber daya software. Jelaskan Pernyataan tersebut!

JAWABAN

1. Ambil contoh sebuah sistem dan sebutkan komponen –komponennya !

Komponen Sistem Informasi  puskesmas
Sistem informasi mempunyai enam buah komponen, yaitu :
1. Komponen input atau masukan
Input dalam sistem informasi adalah data termasuk masukan yang terlibat dalam mengolah data seperti instrument, prosedur standar, perangkat lunak, dan lain-lain.
2. Komponen proses
Tahapan yang dilakukan untuk mengubah data menjadi informasi (transformasi), seperti pemasukan, pengolahan, analisa data.
3. Komponen output atau keluaran
Keluaran dari sistem informasi adalah infomasi yang berkualitas yang berguna untuk semua tingkatan manajemen dan semua pemakai sistem
4. Komponen pengendalian  dan umpan balik
Mekanisme pengendalian) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik yang berdasarkan keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan komponen agar system berjalan sesuai dengan tujuan, misalnya aturan/regulasi/SOP/waskat (pengawasan melekat).
5. Komponen lingkungan (environment)
Segala sesuatu yang berada di luar system. Lingkungan dapat berpengaruh terhadap operasi system dapat bersifat merugikan dan menguntungkan.


2. Kapan sebaiknya menggunakan arsitektur terdistribusi dan terpusat? Jelaskan jawaban anda!

Arsitektur Terdistribusi/ Desentralisasi
Penggunaan sistem terdistribusi biasa dilakukan pada dunia perbankan. Setiap kantor cabang memiliki pemrosesan data tersendiri. Namun, jika dilihat pada operasional seluruh bank bersangkutan, sistem pemrosesannya berupa sistem pemrosesan data yang terdistribusi
Arsitektur desentralisasi merupakan konsep dari pemorosesan data tersebar (atau terdistribusi).
Keuntungan dan kekurangan
sistem pemrosesan data tersebar dapat dilihat pada tabel berikut:
Keuntungan
Kekurangan
       Penghematan biaya
       Pengingkatan tanggung jawab terhadap pengeluaran biaya
       Peningkatan kepuasan pemakai
•     Kemudahan pencadangan ketika terjadi musibah
         Memungkinkan kekacauan kontrol terhadap sistem komputer
         Ketidaksesuaian dalam menyediakan perangkat lunak dan perangkat keras
         Kemubaziran dalam tugas
         Standardisasi bisa tak dicapai
Arsitektur Terpusat/Tersentralisasi
Arsitektur tersentralisasi sudah dikenal semenjak tahun 1960 an dengan mainframe sebagai aktor utama. Mainframe adalah komputer yang berukuran relatif besar yang ditunjukan untuk menangani data yang berukuran besar, dengan ribuan terminal untuk mengakses data dengan tanggapan yang sangat cepat dan melibatkan jutaan transaksi. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi  dominasi main frame pada lingkungan dengan komputasi terpusat menjadi berkurang karena kehadiran minikomputer dan mikrokomputer (PC) yang berkemampuan lebih kecil tetapi dengan harga yang jauh lebih murah. Implementasi dari arsitektur terpusat adalah pemprosesan data yang terpusat (Biasa disebut komputansi terpusat). Semua pemrosesan data dilakukan oleh komputer yang ditempatkan di dalam suatu lokasi yang ditunjukan untuk melayani semua pemakai dalam organisasi. 



3. Sistem informasi yang tidak menggunakan komputer tetap memiliki komponen sumber daya software. Jelaskan pernyataan tersebut .

Menurut saya itu benar, karena untuk informasi terdahulu atau untuk sistem informasi berbasis mesin dan manual yang digunakan saat ini membutuhkan sumber daya software dalam bentuk perintah, pemrosesan informasi dan prosedur agar dapat dengan baik menangkap,memproses serta menyebarkan informasi bagi para pemakainya.

0 komentar:

Poskan Komentar